Jumat, 17 September 2010

Memilih penyedia jasa pernikahan

Mungkin diantara calon mempelai ada yang cukup bingung dalam menentukan penyedia jasa pernikahan yang akan dipercaya menyelenggarakan seluruh atau beberapa rangkaian kegiatan dalam pesta pernikahan. Hal ini salah satunya disebabkan begitu banyaknya penawaran oleh para penyedia jasa, ditambah lagi saran dan rekomendasi orang-orang terdekat bahkan rekomendasi dari petugas gedung yang anda sewa, Bagaimana menyiasatinya? Berikut akan diberikan beberapa tips untuk membantu calon mempelai.
Pertama, calon mempelai harus sudah mempunyai konsep pesta, dan cukup referensi tentang pesta pernikahan yang bisa diperoleh melalui media informasi, yakni media informasi elektronik, referensi, kerabat dekat atau pengalaman mempelai sendiri ketika menghadiri pesta pernikahan seseorang.
Kedua, perhitungkan budget yang tersedia, di blog ini juga tersedia artikel tentang budgeting pernikahan yang bisa menjadi referensi cepat (quick reference)
Ketiga, mintalah informasi sejelas-jelasnya pada calon penyedia jasa, dan perhatikan cara-cara yang mereka lakukan untuk membangun kepercayaan anda. Jangan percaya begitu saja dengan promosi mereka, apalagi hanya berdasarkan foto-foto yang terpampang di album / website. Sebuah perusahaan penyedia jasa yang baik dan terpercaya biasanya selalu padat dengan jadwal kerja (pesanan). Nah, anda bisa membuat janji untuk datang melihat dari dekat penyelenggaraan pesta oleh penyedia jasa tersebut yang akan dilangsungkan dalam waktu terdekat dari saat anda mengunjungi kantor mereka. Tentunya penyedia jasa tersebut tidak berkeberatan.
Keempat, buatlah kalkulasi perbandingan harga yang wajar dari penawaran mereka. Penting diingat bahwa harga termahal belum tentu terbaik, namun demikian jangan pula anda memilih mereka hanya dari peringkat 'termurah', karena biasanya berujung pada kekecewaan.
Kelima, telitilah apakah penyedia jasa, semisal dekorasi, memiliki peralatan dan properti nya sendiri atau hanya meminjam dari perusahaan lain? Hal ini dapat anda teliti dari foto-foto yang mereka tunjukkan. Penyedia jasa yang mempunya peralatan sendiri sudah tentu akan dapat menekan harga jual produknya, atau dengan kata lain : dengan  sejumlah uang yang sama, mereka dapat memberi servis yang lebih maksimal kepada anda.
Terakhir, telitilah pengalaman penyedia jasa tersebut, apakah sudah bisa membuat anda yakin untuk memilihnya? Mintalah beberapa item sebagai bonus, hal ini akan lebih bermanfaat daripada anda menawar untuk menurunkan harga. -AP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar